Air Quality Monitoring System (AQMS) di Indonesia



Apa yang dimaksud dengan Air Quality Monitoring System (AQMS) ? 


Air Quality Monitoring System (AQMS) atau Sistem Pemantauan Kualitas Udara Ambient Secara Terus - Menerus adalah instrumen yang memiliki sistem untuk mengetahui tingkat kualitas udara. Sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.14/MENLHK/SETJEN/KUM.1/7/2020,tentang Indeks Standar Pencemar Udara. Air Quality Monitoring System (AQMS) atau Sistem Pemantauan Kualitas Udara Ambient Secara Terus Menerus harus dilengkapi dengan rangkaian sensor untuk memantau zat partikulat 2.5 mikron (PM2.5), zat partikulat 10 mikron (PM10), sulfur dioksida (SO2), karbon monoksida (CO), ozon (O3), nitrogen dioksida (NO2), dan hidrokarbon (HC), serta parameter meteorologi. 


Untuk dapat memperoleh data-data akurat serta sesuai dengan regulasi pemerintah, maka instrumen AQMS perlu dilengkapi oleh fitur-fitur berikut ini:

1. Parameter Gas & Partikulat

2. Sistem Informasi Terintegrasi

3. Sensor Meteorologi yang Lengkap


Salah satu instrumen Air Quality Monitoring System atau Sistem Pemantau Kualitas Udara Ambient yang terpasang di DKI Jakarta yaitu terletak di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Instrurumen tersebut telah terinstal sejak tahun 2016 saat pagelaran Asean Games di Jakarta.


Untuk dapat mengetahui hasil dari Pemantauan Kulaitas Udara Ambiet dari instrumen AQMS, kita dapat mengakses website resmi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yaitu https://ispu.menlhk.go.id/internal/web/site/.


Trusur Unggul Teknusa merupakan salah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi lingkungan serta perusahaan yang memiliki instrumen Air Quality Monitoring System. Air Quality Monitoring System yang telah di instalasi sejak 2016 hingga pada tahun 2023 ini sebanyak 72 titik dan telah tersebar di seluruh Indonesia. Persebaran Air Quality Monitoring System tersebut merupakan sebuah program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai alat untuk mengukur kualitas udara serta perwujudan dalam pengendalian pencemaran udara. 


Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan PT. Trusur Unggul Teknusa, dapat langsung menghubungi kami di (021) 29627001-3 atau menghubungi kami via email yaitu marketing@trusur.com & sales@trusur.com.


Yuk ikuti terus perjuangan kami untuk lingkungan dan jangan lupa follow media sosial kami.
Silahkan mengunjungi Website dan Media Sosial kami di:
Website : https://www.trusur.com/
Instagram : https://lnkd.in/gdRv5at9
Youtube : https://lnkd.in/gcT3TjbF
Linkedin : https://lnkd.in/gM_N_wK