Pemprov DKI Jakarta Terus Tambah Stasiun Pemantau Kualitas Udara



Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus meningkatkan jaringan stasiun kualitas udara dengan menambah Stasiun Pemantau Kualitas Udara (SPKU) untuk menangani polusi udara yang selama ini menjadi masalah serius.


Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan peningkatan jaringan stasiun kualitas udara dengan menambah Stasiun Pemantau Kualitas Udara (SPKU) pada 9 titik lokasi di Jakarta. 9 titik lokasi tersebut antara lain di GOR Ciracas, Taman Agro Wisata Cilangkap, Pacuan Kuda Pulo Mas, PPOP Ragunan, Rusunawa Penjaringan, RPTRA Manggala Bisma, TMB Gombol Paya, GOR Cendrawasih, dan Pulau Panggang. SPKU tersebut telah diresmikan secara langsung oleh PJ Gubernur DKI Jakarta.


Dalam kesempatan kali ini, PT Trusur Unggul Teknusa mendukung serta berkontribusi dalam program Pemprov DKI Jakarta. Dari total 9 Buah SPKU yang di bangun pada tahun 2023, merupakan karya PT Trusur Unggul Teknusa untuk Pemprov DKI Jakarta.


Stasiun Pemantau Kualitas Udara (SPKU) yang telah ditambah pada akhir 2023 telah diresmikan secara langsung oleh PJ Gubernur DKI Jakarta. Adapun dalam acara peresmian SPKU di Gor Ciracas, PJ Gubernur DKI Jakarta Bapak Heru Budi Hartono menyatakan


“Penambahan di 2023 adalah 9 buah, penambahan 2024 4 buah. Hari ini kita cek kualitas udara tadi saya foto saya lihat, bahwa semuanya adalah cukup baik.” kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau SPKU di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Jumat.


Tujuan dari penambahan Stasiun Pemantau Kualitas Udara (SPKU) ialah sebagai upaya percepatan penanganan polusi udara. SPKU dapat memberikan data kualitas udara yang akurat karena Instrument yang digunakan memonitoring kualitas udara secara real time.


Selain itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Asep Kuswanto juga menyatakan “Kehadiran SPKU baru ini bisa memberikan data kualitas udara yang lebih maksimal dan bisa di jadikan rujukan utama semua pihak. Penambahan ini bisa meningkatkan aksebilitas data kualitas udara di Jakarta. Data tersebut bisa diakses oleh warga melalui aplikasi Jaki dan website Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Asep Kuswanto saat meninjau SPKU di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Jumat.


Dengan telah bertambahnya Stasiun Pemantau Kualitas Udara Ambien (SPKU) diharapkan menjadi sebuah langkah dalam membantu menangani permasalahan kualitas udara (polusi udara) di DKI Jakarta.


Yuk ikuti terus perjuangan kami untuk lingkungan dan jangan lupa follow media sosial kami.
Silahkan mengunjungi Website dan Media Sosial kami di:
Website : 
https://www.trusur.com/
Instagram : 
https://lnkd.in/gdRv5at9
Youtube : 
https://lnkd.in/gcT3TjbF
Linkedin : 
https://lnkd.in/gM_N_wK