Sampling Udara Ambien di Ibu Kota Nusantara (IKN)



Sampling Udara Ambien di lokasi acara Puncak Peringatan Hari Malaria Sedunia 2023.


15/06/2023 – Puncak Peringatan Hari Malaria Sedunia telah diselenggarakan di Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN), Sepaku, Penajam Paser Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).


Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu menegaskan sesuai komitmen global pada SDGs (Sustainable Development Goals / Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) bahwa semua negara harus bebas malaria atau target eleminasi malaria pada tahun 2030. Karena itu dipilihanya IKN sebagai pusat peringatan Hari Malaria Sedunia, tidak lain untuk menumbuhkan dan membangkitkan semangat baru menuju Indonesia Sehat dan Bebas Malaria. (Dikutip dari artikel penajamkab.go.id)


Pada kegiatan Hari Malaria Sedunia 2023 yang bertemakan “Dengan Investasi, Inovasi dan Implementasi, Kita Capai Indonesia Bebas Malaria” juga dilaksanakan penyerahan sertifikat eliminasi malaria kepada lima gubernur dan 30 bupati/walikota, yang daerahnya telah memenuhi persyaratan eliminasi malaria oleh Menteri Kesehatan, diwakili Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes. (hms/Humprot/*DiskominfoPPU)


Bertepatan pada acara tersebut, Trusur Unggul Teknusa bekerja sama dengan Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur untuk melakukan sampling udara ambien. Sampling udara tersebut dilakukan guna mengetahui serta mengidentifikasi kualitas udara ambien di lokasi Sepaku, Penajam Paser Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.


Sampling udara ambien tersebut menggunakan instrumen Air Quality Monitoring System (AQMS) Portable yang bernama ISPUTEK PP22. Air Quality Monitorng System Portable ISPUTEK PP22 merupakan instrumen pemantau kualitas udara ambien secara aktif, real time, otomatis dan kontinyu 24 jam.


ISPUTEK PP22 dapat mengukur parameter udara ambien sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 22 tahun 2021. Parameter nya atara lain: PM10, PM2.5, CO, NO2, SO2, O3, HC, Arah dan Kecepatan Angin, Suhu, Kelembapan, Tekanan Udara, Radiasi Matahari dan juga GPS.


Selain itu, ISPUTEK PP22 juga sudah terakreditasi ISO 17025 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan merupakan buatan produk Indonesia yang memiliki nilai TKDN di atas 40%.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan PT. Trusur Unggul Teknusa, dapat langsung menghubungi kami di (021) 29627001-3 atau menghubungi kami via email yaitu marketing@trusur.com & sales@trusur.com.


Yuk ikuti terus perjuangan kami untuk lingkungan dan jangan lupa follow media sosial kami.
Silahkan mengunjungi Website dan Media Sosial kami di:
Website : 
https://www.trusur.com/
Instagram : 
https://lnkd.in/gdRv5at9
Youtube : 
https://lnkd.in/gcT3TjbF
Linkedin : 
https://lnkd.in/gM_N_wK